Climate Chamber (Celsius 9.2 HPP 108, Memmert)

Spesifikasi alat:
Spesifikasi alat alat ini sekilas mirip dengan oven atau incubator. Alat ini terdiri dari banyak menu display juga dilengkapi dengan softwere yang bias disambungkan (land) ke komputer. Sehingga bias deprogram/diseting dan dipantau secara komputerise. Secara umum menu display terdiri dari seting program waktu, temperature dan RH (Relative Humidity).
Cara kerja alat:
Pengoprasian alat tersebut relative lebih panjang karena banyak menu display yang harus diseting terlebih dahulu. Alat diseting terlebih dahulu sesuai dengan keinginan pengguna (peneliti) meliputi waktu, suhu dan RH-nya. Kemudian bahan/zat aktif/eksipien maupun sediaan farmasi dimasukkan kedalam alat. Pada interval waktu yang diinginkan sampel disampling kemudian diamati perubahan yang terjadi baik secara fĂ­sica maupun secara kimiawinya (sesuai yang diinginkan). Pengamatan dilanjutkan sampai waktu yang diinginkan.
Kegunaan alat:
Climate Chamber (Celsius 9.2 HPP 108, Memmert), bias disebut juga Climatic Chamber digunakan untuk menguji stabilitas baik bahan/zat aktif/eksipien maupun sediaan farmasi bias berupa baik sediaan solid (tablet, granul, serbuk, kapsul), semi solid (salep, krim, gel, pasta, suppositoria) maupun sdiaan liquid (larutan, emulsi, suspensi, dll) yang disimpan dalam kondisi RH, suhu dan waktu tertentu. Alat ini bisanya digunakan untuk menguji stabilitas yang dipercepat (accelerated test), misalnya uji dinaikkan suhu penyimpanannya (misal pada suhu 40, 50, 60 derajat C), atau RH yang dinaikkan (misal 75%), uji dengan paparan cahaya (photolysis) atau kombinasi ketiganya. Uji stabilitas yang diamati baik stabilitas secara fisika maupun secara kimiawi.

Posting Komentar