Perlukah Vitamin C Setiap Hari?

Banyak sekali iklan di televisi yang menawarkan produk vitamin C dengan dosis 500-1000 mg, baik pada produk makanan, minuman maupun suplemen. Sebenarnya berapakah dosis vitamin C untuk tubuh kita setiap harinya? Benarkah 500 mg? 1000 mg?

Vitamin C adalah mikronutrien yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah kecil setiap harinya. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, katalisator, meningkatkan penyerapan zat besi, memperlancar BAB, penangkal nitrat yang dapat menyebabkan kanker, ddl. Vitamin C banyak terdapat pada jeruk, tomat, jambu biji, susu, mentega, kentang, ikan, dll.

Dosis normal vitamin C:
  • Laki-laki usia 18 tahun ke atas: 90 mg/hari
  • Wanita usia 18 tahun ke atas: 75 mg/hari
  • Ibu hamil: 85 mg/hari
  • Ibu menyusui: 120 mg/hari
Jadi kebutuhan asupan vitamin C untuk tubuh kita berkisar 60-100 mg/hari dan kebutuhan yang paling besar hanya pada ibu menyisui. Tubuh kita menyimpan vitamin C 100 mg/kgBB atau 6000mg, bila terjadi kelebihan akan dikeluarkan oleh ginjal melalui urin.

Fenomena yang terjadi sekarang ini sungguh sangat meresahkan, banyak orang yang mengkonsumsi vitamin C dengan dosis berlebih karena mereka menelan iklan yang ada di televisi mentah-mentah. Selanjutnya apa yang terjadi bila konsumsi viamin C yang berlebih? Kita menjadi orang yang bodoh kerena akan menghambur-hamburkan uang untuk membeli vitamin C yang pada akhirnya akan terbuang pecuma lewat urin.

Konsumsi Vitamin C dalam dosis besar membuat ginjal bekerja ekstra untuk mengeluarkan vitamin C tersebaut, akibatnya ginjal rusak. Hal ini diperparah dengan pola konsumsi yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama akan terjadi endapan sitrat pasa system organourinari tract (mulai dari ginjal hingga lubang pelepasan) hingga menimbulkan batu ginjal.

Pada pemakaian vitamin C dosis 500 mg/hari selama 6 minggu dapat merangsang timbulnya perubahan galur-galur DNA, akibatnya sel berprilaku menyimpang dan salah satunya berubah manjadi metaplastik yang dapat menimbulkan kanker. Dosis yang berlebihan tidak akan diserap oleh tubuh dan langsung ke usus halus, di dalam usus halus terjadi penyerapan air oleh vitamin C, akibatnya kotoran akan jenuh dengan air (diare).

Vitamin C yang salah satunya sebagai antioksidan sering disalah artikan. Banyak yang beranggapan semakin tingggi vitamin C yang dikonsumsi akan dapat menyembuhkan kanker, padahal dosis 1-5 g/hari dapat meningkatkan pertumbuahan kanker, itu merupakan dosis yang mematiakan dan kenyataannya pertumbuhan kanker baru bisa dihambat pada dosis 100 mg.

Kapan mengkonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi yang tepat?
Konsumsi vitamin C dosis tinggi saat kadar vitamin C dalam tubuh kita kurang dari 60 mg, hal ini biasanya ditandai dengan sariawan, atau saat kita sedang stress dimana kebutuhan akan vitamin C meningkat menjadi 2 kalinya dan kelelahan. Konsumsi ini baiknya hanya 3-5 hari saja.

Posting Komentar