Fluid Bed Dryer (Type TG200, Retsch)


FDB adalah alat pengering dengan adanya aliran udara, sesuai dengan namanya FDB dapat digunakan untuk mengeringkan bahan-bahan seperti serbuk, granul, simplisia basah (daun, ranting, batang, akar, bunga, dd). Alat tersebut tidak cocok untuk mengeringkan bahan berupa cairan misal: ekstrak baik cair maupun kental. Sebagai ilustarai alat tersebut mampu mengeringkan granul basah (500 g) yang diseting pada suhu 87 derajat C, air flow 99 dalam waktu 8 menit. Kapasitas alat tersebut mampu mengeringkan maksimal 6 liter (=6000 g).

Spesifikasi alat:
Fluid Bed Dryer (FBD) terdiri dari tombol: setting program (bias menyimpan 9 program), pengaturan suhu (0-150 derajat C), kecepatan aliran udara (air flow) maksimal 99, pengaturan oparasional secara interval waktu atau kontinyu, timer (1-99 menit) dan pengaturan tombol Start dan Stop.

Cara kerja alat:
Pengoperasian alat tersebut relative simple. Bahan/material yang dimasukkan ke dalam alat akan dihamburkan ke atas dan jatuh lagi ke bawah secara interval atau kontinyu yang ditembus oleh udara panas dengan tekanan aliaran udara. Sehingga proses pengeringan menjadi lebih cepat. Alat ini bias mencegah terjadinya migrasi bila digunakan untuk mengeringkan serbuk/granul yang mengandung zat aktif/pewarna yang larut dalam solvent-nya, sehingga bias menghindari dehomogenisasi campuran.

Posting Komentar